Kita Harus Belajar (KIHAJAR)

Program Merdeka Belajar mewujudkan pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul, terus berkembang, sejahtera, dan berakhlak mulia dengan menumbuhkan nilai-nilai budaya Indonesia dan Pancasila.

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbudristek bertugas untuk mengembangkan dan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk Pendidikan.

Sebagai salah satu implementasi Merdeka Belajar, Pusdatin Kemendikbudristek menyelenggarakan Kihajar 2021 sebagai salah satu upaya untuk menstimulasi keterampilan 4C (berpikir kritis, kreatif, dan mampu  berkolaborasi dan berkomunikasi) dengan pendekatan pendidikan yang berpusat pada siswa, pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan kebebasan untuk berinovasi.

Kita Harus Belajar (KIHAJAR) dibagi menjadi 3 jenis yaitu : 1. Kihajar STEM, 2. Kihajar Explorer dan 3. Kihajar Talk

KIHAJAR STEM

Wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan SD, SMP, SMA & SMK sederajat untuk berfikir kritis, kreatif, dan mampu  berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan project berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics)  melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Tujuan KIHAJAR STEM :

Peserta KIHAJAR STEM adalah tim yang terdiri dari 3 siswa dari setiap satuan pendidikan SD (kelas 4 dan 5), SMP (kelas 7 dan 8), SMA dan SMK (kelas 10-11)/sederajat di Indonesia dan SILN. Setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari 1 tim, setiap peserta akan berkompetisi di provinsi masing-masing.

KIHAJAR EXPLORER

Wadah eksplorasi siswa berbagai jenjang dengan memanfaatkan konten dari BDR di TV Edukasi, YouTube TV Edukasi, portal Rumah Belajar, dan spotify Suara Edukasi.

Hadir setiap hari di akun Instagram @suara.edukasi, siswa dapat mengikutinya dengan menjawab pertanyaan yang diberikan.

KIHAJAR TALK

Seminar daring yang membahas tema-tema pembelajaran berbasis TIK, dengan menampilkan Narasumber Ahli dan Praktisi IT untuk Pendidikan dengan tema besar Digitalisasi Pendidikan.

TUJUAN : 1. Meningkatkan  kemampuan literasi  digital untuk memanfaatkan TIK  dalam pendidikan 2. Menumbuhkan  kemandirian dalam  memanfaatkan dan  mengembangan TIK  untuk pendidikan Mengoptimalkan  sumber daya yang ada dalam  menyelenggarakan  pembelajaran yang  menerapkan teknologi  dalam masa normal  baru.

SASARAN 1. Peserta didik 2. Pendidik 3. Tenaga kependidikan 4. Pemangku kepentingan

MEKANISME PEMILIHAN DAERAH 1. Pengirim partisipasi peserta terbanyak Kihajar STEM 2. Propinsi dengan utilisasi kuota belajar Kemendikbud tertinggi. Dengan mempertimbangkan daerah tersebut sudah pernah atau belum menyelenggarakan Kihajar TIK Talks 2020.

Sosialisasi KIHAJAR 2021 di Provinsi Kalimantan Tengah
Sosialisasi KIHAJAR 2021 di Provinsi Kalimantan Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *